Satgas SAR Langsa Minim Fasilitas

0
47


AtjehUpdate.com, LANGSA – Satuan Tugas (Satgas) Search and Rescure (SAR) Langsa butuh perhatian dari pemerintah serta DPRK setempat. Pasalnya, dalam melaksanakan tugas selama ini banyak mengalami kendala.

“Seperti peralatan, minimnya dana operasional serta tidak adanya sekretariat,” sebut Ketua Satgas SAR Kota Langsa, Heru Iskandar, kepada media, Sabtu (05/08).

Ia menjelaskan, sejak berdirinya SAR Kota Langsa, pihaknya hanya beberapa kali mendapatkan bantuan beberapa kali yang bersumber dari dana aspirasi anggota dewan serta dana hibah dari Pemko Langsa.

Kemudian, pada tahun 2016 pihaknya ada mengajukan usulan anggaran ke Pemko Langsa, tapi karena ada sesuatu hal maka dana itu tidak bisa dianggarkan dan pada tahun ini kita juga sudah mengusulkan kembali untuk dana operasional.

“Alhamdulillah usulan itu sudah mendapat persetujuan dari Walikota Langsa, Usman Abdullah dan saya berharap kepada DPRK Langsa, agar menyetujui usulan tersebut,”, pintanya.

Sementara itu, terkait dengan peralatan, SAR Langsa hanya memiliki beberapa saja, seperti pelampung, helm, kantong mayat dan beberapa lainnya. Tapi, itupun sudah tidak layak pakai dan masih ada peralatan keamanan lainnya yang harus dimiliki oleh SAR.

Baca Juga  Panglima TNI : Itu Ide yang Luar Biasa

“Jangan sampai di saat masyarakat membutuhkan pertolongan, tapi SAR tidak memiliki peralatan yang akan digunakan untuk melakukan pertolongan, ini kan sangat ironis sekali. Kemudian alat pengaman personel SAR yang sangat minim, bagaimana kita mau menolong masyarakat, sementara personel SAR sendiri tidak memiliki perlengkapan yang sesuai SOP,” ungkapnya.

Tambah Heru, belum lagi terkait honor atau upah bagi personel SAR yang selama ini tidak ada, sementara untuk daerah lain mereka sudah ada menerima honor tetap setiap bulannya. Namun demikian, hal itu bukan menjadi penghalang bagi kami untuk melakukan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan, meskipun terkadang kami harus mengeluarkan uang pribadi.

“Kami bekerja untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan SAR. Untuk itu, saya berharap kepada pemerintah dan DPRK Langsa, agar terus memberikan dukungan dan perhatian kepada SAR Langsa. Sehingga, kami bisa memiliki kantor, peralatan yang memadai serta adanya dana operasional” pungkasnya.[Red]

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here