155 Ormas Di Langsa Terdaftar

0
416
Ka Kesbangpol Kota Langsa
Ka Kesbangpol Kota Langsa

AtjehUpdate.com,- LANGSA, 155 organisasi kemasyarakatan (Ormas) aktif di Kota Langsa, Provinsi Aceh telah memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Kota Langsa H. Agussalim, SH.MH saat bincang bersama atjehupdate, diruang kerjanya, Rabu (31/1/18).

“Sementara ini dari data yang kita miliki, 155 Ormas sudah memiliki SKT, mereka (Ormas) itu masih aktif,” katanya.

Ia menerangkan, SKT dikeluarkan oleh lembaga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal itu sesuai Permendagri nomor 57 Tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan.

“Kesbangpol Kabupaten/Kota tidak miliki kewenangan menerbitkan SKT, karena itu merupakan kewenangan Kemendagri,” terangnya.

Peran Kesbangpol Kab/Kota dalam hal ini menurut Agussalim,  pendataan dan verifikasi terhadap keberadaan ormas khususnya dalam wilayah Pemko Langsa, selanjutnya data tersebut oleh Kesbangpol dikirim ke Kementerian Dalam Negeri.

“Biasanya tenggang waktu 15 hari sejak pengiriman berkas data tersebut dilakukan, pihak Kemendagri memproses dan mengirim surat balasannya,” kata Agussalim.

Melalui surat balasan dari Kemendagri itu, pihak Kesbangpol dapat mengetahui apakah ormas tersebut cukup syarat atau tidak.

“Jika memenuhi syarat, Kemendagri langsung mengeluarkan SKT, sebaliknya jika tidak maka ormas itu disarankan untuk melengkapinya,” paparnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Langsa menghimbau kepada ormas diwilayah kerjanya belum melengkapi syarat dokumen yang dibutuhkan mendapat SKT untuk segera melengkapinya, karena kesemuanya demi kepentingan ormas itu sendiri.

Pihaknya tidak menginginkan disaat ormas membutuhkan SKT. Memaksa dan mendesak Kesbangpol segera menerbitkan SKT.

“Kondisi ini tentu tidak kita inginkan, karena semua itu melalui tahapan dan proses yakni pihak kami terlebih dahulu mengirimkan usulan ke Kemendagri,”

“Insya Allah, pihak kami (Kesbangpol)  Kota Langsa, siap memberikan informasi dan membantu ormas untuk peroleh SKT,” imbuhnya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here