Badan Penanganan Pengungsi Luar Negeri Kunjungi Imigrasi Langsa

0
129

AtjehUpdate.com,- LANGSA, Rombongan Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia kunjungi Imigrasi Langsa.

Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Kemenko Polhukam Irjen Pol Carlo Brix Tewu, Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Ketua Desk Brigjen Pol Chairul Anwar, Asdep Penanganan Kejahatan Transnasional Kemenko Polhukam, Anindita Hari Murti Axioma Asdep 4/II pollugri, Imam Teguh Adiyanto Ditjen Imigrasi, tiba di kantor Imigrasi kelas II Kota Langsa, Rabu (11/4/2018).

Kehadiran tim dalam rangka kunjungan kerjanya serta untuk pemantapan koordinasi penangan pengungsi dari luar Negeri.

Disamping itu rombongan juga menyempatkan waktu melihat pengungsi Rohingya dari Myanmar yang mencari suaka di kantor Imigrasi kelas II Kota Langsa.

Ketua Tim Desk Penanganan Pengungsi dari Luar Negri Komenko Polhukam Irjen Pol Carlo Brix Tewu dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanganan pengungsi yang dilakukan Pemerintah daerah dan Lembaga terkait sudah sinerji, dinilai sesuai dengan peraturan Presiden nomor 125 tersebut.

Dikatakannya lagi, Indonesia sendiri tidak ikut menandatangani konprensi PBB tahun 1951 dan protokol 1967, sehingga Indonesia tidak berkewajiban menerima pengungsi serta pencari suaka, saat ini Indonesia hanya menampung sementara atau mempertimbangkan dari sisi kemanusiaan.

”Indonesia juga sedang mencari Negara Negara ketiga dan bekerja sama dengan komisi tinggi PBB untuk mengurus pengungsi” sebut Irjen Pol Carlo.

Hal senada juga dikatakan Kasi Humas Imigrasi Kelas II Kota Langsa Cut Ana Dermawan, terkait 5 (lima) orang warga Rohingnya yang berada di kantor Imigrasi Langsa pihaknya akan memindahkan kerumah Ditensi di Medan Sumatera Utara.

Ditambahkan Cut Ana Dermawan ke Lima warga Rohingnya itu terdiri laki laki tiga orang dan wanita dua orang,satu diantaranya tergolong anak – anak.

Kelima pengungsi tersebut dijemput oleh petugas Imigrasi Langsa di Pos Angkatan Laut wilayah Aceh Timur,”ucap Cut Ana.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here