Dekopinda Kota Langsa Dinilai Mandul, Pengurus Usulkan Musdalub

0
479

AtjehUpdate.com,- LANGSA, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Langsa dinilai ‘mandul’ sebagian pengurus mengusulkan dilakukan Musyawarah luar biasa (Musdalub) untuk mengganti Ketua Marianto.

Demikian kesepakatan dan direkomendasikan bersama pada rapat yang berlangsung di salah satu cafe di bilangan T Umar Kota Langsa, Selasa (23/1) malam.

Majelis Pakar Dekopinda Kota Langsa, Samsul Bahri SE, kepada wartawan menyatakan bahwa rapat yang digelar merupakan usulan dari beberapa para pengurus untuk mereposisi dan penyegaran organisasi dalam sebuah organisasi.

“Kita sebagai majelis pakar hanya mengakomodir keinginan kawan-kawan untuk memperbaiki organisasi,” jelas Samsul.

Disamping itu juga hal yang urgen dan alasan mendasar yakni selama kepimpinan Marianto sebagai Ketua tidak pernah melakukan rapat internal maupun membuat rapat kerja (raker).

Masih menurutnya, sebahagian pengurus juga menyampaikan mosi tak percaya pada kepemimpinan Marianto yang selama ini dingin terhadap organisasi Dekopinda Kota Langsa.

“Rapat yang kita lakukan bukan untuk melakukan kudeta atau membuang Ketua Dekopinda Marianto, namun rapat luar biasa ini dilaksanakan untuk menyelamatkan perahu Dekopinda Kota Langsa,” sebut Samsul.

Hal senada juga diutarakan Ketua Bidang Organisasi dan Kelembangaan, Zulfadli, menyatakan dalam kurun waktu 2016 hingga saat ini Dekopinda Kota seakan jalan ditempat dan sama sekali tidak ada eksennya.

Dimana fungsi dan tugas Dekopinda merupakan wadahnya dan pengayom koperasi yang ada di Kota Langsa, kendati demikian hampir seluruh anggota koperasi selalu mempertanyakan eksitensi lembaga Dekopinda tersebut.

“Kami sangat menghargai Ketua Marianto, namun tuntutan dari para pengurus maupun anggota Koperasi juga menjadi sekala proritas untuk menyelamatkan perahu Dekopinda,” ulas Zulfadli.

Lanjutnya, keberadaan Dekopinda juga selalu dipertanyakan oleh Dinas Koperasi Kota Langsa dimana debutnya selama ini juga tidak terlihat dan seperti mati suri.

Adapun hasil dari kesepakatan rapat menunjuk sementara sebagai ketua untuk menunggu musdalub ditetapkan dalam berita acara dimaksud yakni Zulfadli untuk menjalankan organisasi Dekopinda Kota Langsa.

“Hasil dari rapat, saya dipercaya oleh para pengurus untuk memegang tampuk pimpinan sementara organisasi Dekopinda Kota Langsa,” jelas Zulfadli.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kota Langsa, Marianto ketika dihubungi wartawan membantah atas apa yang telah dituduhkan para pengurus Dekopinda.

“Tidak benar saya membiarkan atau sama sekali tidak memperdulikan Dekopinda, dan sejauh ini saya selalu berbuat untuk organisasi tersebut, bahkan mengeluarkan finansial secara pribadi untuk kepentingan Dekopinda,” terang Marianto.

Sambungnya, pada dasarnya diawal kepemimpinannya sudah menyusun program kerja dan sudah beberapa kali setiap even Dekopinwil Aceh selalu mengirimkan pengurus untuk hadir di Banda Aceh, jadi tidak benar tudingan segelintir para pengurus tersebut.

Dan ketika ditanyakan usulan para pengurus akan mengelar Musdalub Dekopinda, dirinya menyatakan silahkan saja kalau hal tersebut dianggap baik, namun sebagai Ketua terpilih saya masih sah dan diakui oleh Provinsi Aceh.

“Silahkan saja para pengurus membuat Musdalub, tapi saya masih tetap sebagai Ketua yang sah dan tetap menjalankan roda organisasi sebagai mana mestinya,” pungkas Marianto.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here