Dikecam Banyak Pihak, Perwira Tinggi Polri Batal Jadi Plt Gubernur

0
404

AtjehUpdate.com,- JAKARTA, Penunjukan pelaksana tugas (plt) gubernur dari Polri dibatalkan oleh pemerintah. Pemerintah membatalkan rencana tersebut setelah melakukan berbagai pertimbangan, meski kedua perwira Polri itu sedianya akan mengisi kekosongan kepemimpinan di Jawa Barat dan Sumatera Utara saat Pilkada 2018.

Pembatalan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Selasa (20/2) di Jakarta.

“Untuk Jawa Barat dan Sumatera Utara sudah dipertimbangkan. Nanti ada kebijakan lain yang akan kita lakukan,” ujarnya. Dilansir Antara.

Seperti diketahui, awalnya dua perwira tinggi Polri tersebut diminta pemerintah mengemban posisi plt gubernur karena dianggap memiliki kompetensi terhadap masalah di daerah, sehingga bisa menyelesaikan masalah dan mengawal pilkada dengan baik.

Kedua perwira tinggi itu adalah Asisten Kapolri bidang Operasi Irjen Mochamad Iriawan, yang akan menjadi plt Gubernur Jawa Barat, dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Martuani Sormin, yang direncanakan menjabat plt Gubernur Sumatera Utara.

Kebijakan pemerintah tersebut mendapat kecaman keras dari berbagai pihak karena dianggap melanggar UU Kepolisian dan dikhawatirkan mencederai netralitas kepolisian hingga menimbulkan polemik baru di tengah masyarakat.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here