Gubernur Buka Kegiatan Parade of Arts, Science and Religion ke VI

0
536

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengajak para pelajar di Aceh untuk meningkatkan prestasi sehingga mampu bersaing baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Hal itu disampaikan saat membuka Kegiatan Parade of Arts, Science and Religion (PASCAL) ke VI di SMA 10 Atas Fajar Harapan, Sabtu (27/01/2018).

Menurut Irwandi, kegiatan PASCAL merupakan ajang kreativitas yang diharapkan dapat memperkuat daya nalar dan berpikir para pelajar Aceh.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta tidak hanya bersaing dalam bidang science, tapi juga adu tangguh dalam pengetahuan agama, seni, dan bahasa.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini kita berharap fajar harapan mampu mengejar prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Irwandi.

Ajang PASCAL lanjut Irwandi juga dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan bakat, sehingga para peserta semakin semangat untuk berkarya dan mengembangkan kemampuannya.

Irwandi menyampaikan bahwa Pendidikan bernuansa seni, science, bahasa dan agama adalah modul yang dapat menyentuh hati dan pikiran para peserta didik untuk dapat membangun generasi yang memiliki ilmu, iman, taqwa serta budi yang luhur.

“Untuk melahirkan anak didik dengan prilaku seperti itu, setiap sekolah seharusnya tidak hanya fokus mengembangkan sistem belajar formal di ruang kelas, tapi perlu menggagas ajang kreasi di luar kelas guna meningkat semangat untuk berprestasi dan daya pikir yang lebih kritis,” kata Irwandi.

Pemerintah Aceh kata Irwandi memberi perhatian sangat besar bagi peningkatan kuali tas generasi muda melalui sektor pendidikan. Bahkan Pemerintah Aceh menggarkan 20 persen dari APBA untuk dana pendidikan.

“Ada tiga program utama yang dijalankan Pemerintah Aceh dalam bidang pendidikan ini, yaitu Aceh Carong, Aceh Meuadab dan Aceh Teuga,” ujar Irwandi.

Irwandi menjelaskan, Program Aceh caròng menekankan kepada prestasi pendidikan Aceh di tingkat nasional melalui perbaikan fasilitas, kualitas guru, dan peningkatan sistem.

Sedangkan Program Acèh Meuadab lebih fokus pada upaya mengembalikan khittah Aceh melalui implementasi nilai-nilai keislaman. Dan program Acèh Teuga fokus pada perbaikan sumber daya generasi mudanya.

“Karena itu Pemerintah Aceh mendorong agar semangat berprestasi di kalangan generasi muda kita agar terus dibudayakan di sekolah-sekolah yang ada di Aceh,” kata Irwandi.

Sebagai Kepala Pemerintah Aceh, Irwandi sangat mendukung kegiatan tersebut dan berharap kegiatan itersebut diselenggarakan lebih kolosal lagi di masa yang akan datang.

Pembukaan kegiatan PASCAL yang di ikuti oleh 80 sekolah dari seluruh Aceh itu ditandai dengan Pemukulan Rapai dan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Aceh, juga dihadiri Ketua PKK Provinsi Aceh, Darwati A Gani, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, serta Kepala Sekolah SMA 10 Fajar Harapan.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here