Isteri Gubernur Aceh Semangati Bocah Penderita Kanker

0
126

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh, Isteri Gubernur Provinsi Aceh Darwati A.Gani, Minggu (4/1/18) memberikan motivasi bagi anak anak penderita kanker penghuni rumah singgah, Banda Aceh.

Terlihat mata First Lady Aceh itu berkaca-kaca saat memeluk erat penuh kasih sayang seorang anak penderita kanker, Nurul Amalia.

Nurul, bocah penderita leukemia asal Kota Lhokseumawe. Saat ini menjalani perawatan didampingi para relawan dan tinggal di Rumah Kita, yaitu rumah singgah bagi penderita kanker anak di bawah asuhan Nurjannah Husein, pendiri komunitas Darah untuk Aceh.

Dalam sambutannya Darwati yang juga merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Aceh itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mulai membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan menghindari rokok serta makanan tidak sehat, sehingga mampu menekan angka penderita kanker.

“Hari ini tepatnya 4 Februari, kita memperingati Hari Kanker se-Dunia. Dalam kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk mulai menyadari bahwa Kita ingin sampaikan bahwa dari waktu ke waktu kejadian penderita kanker terus bertambah,” kata Darwati.

Baca Juga  Jamaah Shalat Ashar Mesjid Rahmah Gelar Pengajian Rutin

Berdasarkan data WHO, sambung Darwati, sebanyak 30-35 persen penyebab kejadian kanker di dominasi oleh makanan, sedangkan 20-30 persen disebabkan oleh rokok serta beberapa sebab lainnya.

Ia mengajak semua pihak untuk menjadikan data tersebut sebagai cemeti untuk segera mulai membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rokok.

“Perokok pasif lebih berbahaya. Kita tentu sering mendengar testimoni beberapa perokok pasif yang menjadi korban keganasan kanker,” papar Darwati.

Selain itu, faktor ekonomi seringkali menjadi penyebab para penderita kanker terlambat mendapat penanganan medis karena terlambat dirujuk ke Rumah Sakit.

“Saya mengajak kita semua untuk lebih peduli dengan keluarga dan lingkungan serta mulai untuk menjalani pola hidup sehat,” pungkas darwati A Gani.

Darwati juga menyampaikan, menurut Union for International Cancer Control (UICC) dalam dua dasawarsa terakhir, sebanyak 21,7 juta orang terkena kanker secara langsung, sehingga upaya pencegahannya harus dilakukan secara bersama-sama, mengingat kanker dapat menyerang siapapun, imbuhnya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here