Lailatul Qadar 2018

0
134

by : koennajeh

AtjehUpdate.com,- Lailatul qadar akan muncul pada malam malam (tanggal) ganjil dan akan dimulai nanti malam, yaitu ;

Selasa, 5 Juni 2018

Kamis, 7 Juni 2018

Sabtu, 9 Juni 2018

Senin, 11 Juni 2018

Rabu, 13 Juni 2018

Kalau seandainya demikian, kira kira apa yang kita persiapkan dan bagaimana mendapatkannya?.

Dari banyak riwayat menjelaskan bahwa untuk mendapatkannya dimulai dari salat isya’ berjamaah. Tekad yang kuat juga harus mengiringinya dengan melaksanakan salat subuh secara berjamaah (Imam As-Syafi’i dalam kitabnya Al-Um).

Apa yang dikatakan oleh Imam Syafi’i dan ulama lainnya sejalan dengan hadits dari ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.” (HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221).

Amalan pada malam Lailatul Qadar ternyata bukan hanya dengan salat saja. Melainkan dengan dzikir dan juga tilawah Al Quran. Namun amalan shalat lebih utama dari amalan lainnya di malam lailatul qadar berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Untuk itu, disaat malam Lailatul Qadar itu dianjurkan kepada kita untuk ; perbanyak shalat, tilawah quran dan sunnah diiringi dengan doa:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni”
Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkan kami.

Doa di atas begitu jaami’ (komplit dan syarat makna) walau terlihat singkat. Doa tersebut mengandung ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa dia tidak bisa luput dari dosa. Namun sekali lagi meminta ampunan seperti ini tidaklah terbatas pada bulan Ramadan saja.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5)

Dan semoga, lailatul qadar yang dijanjikan-Nya itu benar benar menjadi milik kita bersama. Amin.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here