N219 Akan Lahir di Aceh?

1
407
Pesawat N219 karya anak Bangsa
Pesawat N219 karya anak Bangsa

Dirgantara Nasional Pulang ke Rumahnya

AtjehUpdate.com,- Pesawat N219 berkapasitas 19 penumpang digerakkan dua mesin turboprop yang dirancang Dirgantara dan diproduksi Pratt and Whitney Aircraft of Canada Limited PT6A-42 dg power engine 850 SHP. Pusat perakitannya di Jawa Barat dianggap tidak cocok lagi untuk dikembangkan dan perlu direlokasikan ke daerah, seperti Aceh.

Aceh dipilih sebagai alternatif pemindahan fasilitas manufacture dan assembly line sebagai bentuk kepercayaan pemerintah dan dunia industri tehnology tinggi di lndonesia.

Gubernur Aceh menangkap peluang ini karena pusat perakitan dan perawatan N219 ini dapat menampung sekitar 3000 tenaga kerja hi skill, keterampilan tinggi, yang akan diperioritaskan bagi anak-anak Aceh sendiri.

Untuk biaya pendirian dan pembangunannya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, melalui mekanisme pembiayaan investasi non APBN, karena itu daerah-daerah lain pun berminat.

Yang membuat Aceh dipilih karena dunia dirgantara Indonesia berawal dari Aceh, dekat laut (pelabuhan), test terbang aman dari pemukiman penduduk.

Bila peluang ini tidak kita manfaatkan secara optimal maka belum tentu ada kesempatan kedua, apalagi tawaran ketiga dan selanjutnya. [saifullah Abdulgani]

Facebook Comments

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here