Peduli Lingkungan, Karang Taruna Setia Mandiri  Motori Program Bank Sampah

0
106

AtjehUpdate.com,- Aceh Tamiang, Karang Taruna Setia Mandiri Desa Suka Mulia  Kabupaten Aceh Tamiang berhasil menjadi motor penggerak peduli lingkungan melalui program Bank Sampah mereka yang berbasis masyarakat, Sabtu (31/03/18).

Pengelolaan bank sampah berbasis masyarakat yang dikelola oleh Karang Taruna Setia Mandiri Desa Suka Mulia ini menjadi penerapan zona titik nol sampah yang harapannya bisa diterapkan ke beberapa bank sampah binaan organisasinya.

Para Pemuda tergabung dalam Karang Taruna di kawasan tersebut memiliki motivasi agar Desa Suka Mulia terbebas dari sampah yang suatu saat bisa saja menimbulkan berbagai penyakit. Hal itupun dibenarkan oleh Syahrial, Karang Taruna Mandiri Baru saja berlangsungnya penimbangan bank sampah.

Kepada AtjehUpdate.com Syarial selaku koordinator kegiatan mengatakan akan terus berupaya mensosialisasikan serta memberikan penyuluhan ke masyarakat berkaitan penanganan sampah buangan melalui bank sampah yang ada di Desa Suka Mulia.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi serta penyuluhan ke masyarakat berkaitan pemilahan sampah buangan dari rumah tangga yang masih dapat terpakai seperti kardus, majalah, kemasan gelas dan botol air mineral serta lainnya untuk disalurkan ke bank sampah yang ada,”, ujarnya.

Syahrial menambahkan, kesadaran tersebut merupakan bentuk tanggungjawab dari kelompok Karang Taruna Setia Mandiri di Desa Suka Mulia terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Apalagi, sebaran bank sampah di lingkungan penduduk bisa menekan volume sampah perkotaan. Sebab, sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tidak semuanya dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Aceh Tamiang.

“Jenis sampah yang disetor para nasabah masih non organis antara lain kemasan gelas dan botol air mineral, majalah, sepeda anak bekas serta kardus,” ujarnya sembari berharap adanya bank sampah disini dapat membantu meringankan beban ekonomi dan dapat memberikan peluang mengumpulkan uang setiap bulan.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here