Pentingnya Muhasabah Dalam Hidup

0
50

AtjehUpdate.com,- Muhasabah berasal dari kata hasibah yang artinya menghisab atau menghitung. Muhasabah diidentikan dengan menilai diri sendiri, mengevaluasi, atau introspeksi diri.

Dalam Al Qur’an Allah SWT berfirman :“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati “ (Q. S. Ali Imran. 3:185), kemudian sesudah mati kita akan dihidupkan kembali, sebagaimana firman-Nya :

”Sesungguhnya kamu akn dibangkitkan sesudah mati “ (Q. S. Huud, 11 : 7)

Dalam melakukan muhasabah, seorang muslim menilai dirinya, apakah dirinya lebih banyak berbuat baik ataukah lebih banyak berbuat kesalahan dalam kehidupan sehari-harinya.

Kita mesti objektif melakukan penilaian terhadap diri sendiri yaitu berlandaskan  Al Qur’an dan Sunnah sebagai dasar penilaiannya bukan sebaliknya berdasarkan keinginan diri sendiri.

Oleh karena itu melakukan muhasabah atau introspeksi diri merupakan hal yang sangat penting dalam hidup ini tujiannya untuk menilai apakah amal perbuatan kita sudah sesuai dengan ketentuan Allah,tanpa introspeksi, jiwa manusia tidak akan menjadi baik.

Imam Turmudzi meriwayatkan ungkapan Umar bin Khattab dan juga Maimun bin Mihran mengenai urgensi muhasabah.

Baca Juga  Senator Rafli Minta Pemko Banda Aceh Hentikan Proyek Tinja di Makam Ulama

Umar r.a. mengemukakan, “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, dan berhiaslah (bersiaplah) kalian untuk akhirat (yaumul hisab).

Al Hasan mengatakan : orang-orang mumin selalu mengevaluasi dirinya karena Allah. Dan bahwasanya hisab itu akan menjadi ringan pada hari kiamat bagi orang yang menghisab (evaluasi) dirinya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here