Polri Ungkap Sindikat Internasional Narkotika, 99 Kg Sabu dan 20 ribu Butir H5 Disita

0
142

AtjehUpdate.com,– LANGSA, Tim Gabungan Satgas NIC Bareskrim Polri, Dit Res Narkorba Polda Aceh dan Kanwil DJBC Aceh Ungkap Jaringan Sindikat International peredaran gelap Narkotika jenis Sabu dan Happy Five (H5) selama 10 hari di beberapa TKP berbeda, hal itu disampaikan pada Press Release di Mapolres Langsa, Sabtu (9/6/2018).

Direktur IV Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri, Brigjen Eko Daniyanto mengatakan bahwa pengungkapan tersebut bermula dari informasi yang diperoleh kepolisian terkait keberadaan sindikat international dari Malaysia yang akan membawa Narkoba jenis shabu ke Batam,

“Pada tanggal 30 Mei 2018 Satgas I – NIC Bareskrim Polri menindak lanjuti hasil analisa IT jaringan tersebut yang kemudian dilakukan Penindakan (RPE) TKP ke 1 di nintan Tj Pinang batam dengan BB 8 kg sabu serta ditangkapnya 3 orang tersangka atas nama, AW, EC da AR” ucap Eko.

Dijelaskannya bahwa setelah kasus tersebut dikembangkan, maka kembali terindikasi adanya sindikat kelompok Aceh yang akan membawa narkoba dari Penang Malaysia dan pada tanggal 3 Juni 2018 sekira jam 16.00 WIB di TKP II perairan Idi Rayeuk Aceh Timur tepatnya 35 mil laut yang akhinya kembali berhasil diamankan 3 orang tersangka atas nama, I als H, MA als R dan M als T dengan BB 11 kg sabu dan satu buah boat.

Setelah dilakukan pengembangan lagi, Satgas NIC dibackup Teamsus Narkoba Polda Aceh pada tanggal 8 Juni 2018 sekira jam 18.30 WIB, TKP IV menangkap  2 orang tersangka atas nama F dan A, di perairan Idi Aceh Timur dengan BB 50 kg sabu dan 1 buah boat, kemudian terhadap jaringan tersebut, tim melakukan pengembangan dan berhasil menangkap 2 orang tersangka atas nama AH als H, RM als Y dan M als B yang berperan sebagai penyedia kapal beserta ABK dan penghubung jaringan di Penang Malaysia.

Selain menangkap 12 tersangka yang berstatus kurir yakni 9 diantaranya warga asal Aceh Timur dan 3 asal Tanjung Pinang, Batam, Polisi juga menyita 99 kg sabu dan pil Happy Five (H5)sebanyak 20.000 butir.

Didampingi Jendral Bintang 1 dari Mabes Polri, Dir Narkoba Polda Aceh, Kombes Agus Sarjito, Kapolres Langsa, AKBP Satya Yudha Prakasa SIK, Kepala BNN Langsa, AKBP Navry Yulenny, Dandim 0104/Atim, Letkol Inf M Iqbal Lubis, dan dari pihak Bea Cukai Kuala Langsa, Brigjend Eko berharap kepada masyarakat agar dapat  bekerja sama dengan kepolisian.

“Kita harap masyarakat dapat melaporkan apapun kegiatan yang mencurigakan di lingkungan sekitar, karena peran masyarakat sangat berpengaruh dalam pemberantasan narkoba” pungkasnya. (Shinta)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here