Presiden  Ingatkan TNI-Polri Tetap Netral Selama Pilkada

0
268

AtjehUpdate.com,- JAKARTA, Presiden Joko Widodo berpesan agar TNI-Polri tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Selain itu ia juga mengingatkan jajaran TNI-Polri tetap solid dan kompak dari pucuk pimpinan hingga akar rumput, bersinergi dengan baik dalam mengamankan penyelenggaraan pemilu.

Pesan itu disampaikan Presiden saat membuka Rapat Pimpinan TNI-Polri 2018 di Gedung Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa,(23/1/18).

Presiden Jokowi mengapresiasi proses Pemilu dan Pilkada yang pernah dilalui beberapa kali di tahun tahun sebelumnya, berharap kontestasi Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 bisa berjalan mulus dan lancar.

“Kita patut berbangga bahwa kita sebagai bangsa Indonesia berhasil menyelenggarakan beberapa kali Pemilu, baik Pileg, Pilpres dan Pilkada secara demokratis, damai, aman dan tertib, artinya masyarakat kita semakin dewasa, semakin matang dalam berdemokrasi dan berpolitik,” kata Jokowi.

Dalam rapim yang mengusung tema Dilandasi Dengan Sinergitas, Soliditas dan Profesionalisme TNI-Polri Mengamankan Pilkada Serentak 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 Dalam Rangka Menjamin Pembangunan Nasional. Presiden juga menyampaikan terima kasih atas kesiapsiagaan jajaran TNI Polri dalam mengamankan rangkaian tahapan Pemilu.

“Polri dan TNI telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengamankan setiap perhelatan demokrasi yang telah kita lakukan. Oleh karena itu saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri,” katanya.

Jokowi juga meminta TNI-Polri untuk memetakan potensi konflik dari sejumlah daerah yang melaksanakan Pilkada 2018 sebagai upaya antisipasi terjadinya konflik Pilkada.

“Petakan potensi konflik dari 171 wilayah, daerah mana saja yang kira-kira rawan, lalu petakan tingkat kerawanannya,” harapnya (ant).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here