Puluhan Bayi Penyu Hiasi Pantai Aceh Lampuuk

0
40

Laporan : Shinta Astuti

AtjehUpdate.com,- Lhoknga, Tak hanya Panorama Pantai dengan pasir putih nya yang menyejukkan pandangan mata saja, kini Pantai Lampuuk juga dihiasi dengan banyaknya Tukik atau Bayi Penyu yang baru saja dilepas oleh Relawan Konservasi Penyu pada Jumat lalu (11/05/2018).

Relawan konservasi Penyu  Lampuuk melakukan Pelepasan 55 Ekor tukik ke laut Aceh Pantai Lampuuk, tepat depan Joel Bungalows, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar . Pada pelepasan tersebut terlihat  masyarakat dan anak anak setempat begitu bahagia menyaksikan bayi bayi penyu yang menggemaskan tersebut.

Ketua Kelompok Konservasi Penyu, Wahyudi menjelaskan, tukik yang dilepas itu merupakan jenis Belimbing yang berjumlah 50 ekor.  Pada saat perawatan sebelum pelepasan, Ada sekurang nya 10 relawan yang merawat telur selama inkubasi (penetasan) hingga pelepasan.

“Kamilah yang menjalankan progam konservasi penyu ini, mulai dari patrol induk penyu yang naik bertelur, proses evakuasi telur ketempat relokasi, sampai penetasan selama 60 hari, menetas, perawatan tukik selama karantina sekitar 2 sampai 4 hari baru dilepas” tuturnya kepada Atjehupdate.com.

Wahyudi juga menjelaskan bahwa dana yang digunakan untuk satu sangkar telur yang akan di tetaskan membutuhkan sekitar Rp. 800.000 dengan rincian  biaya pemantauan, evakuasi, konsumsi relawan dan lain lain.

“Untuk satu musim,  penyu bertelur  sekitas 10 sangkar yang ditetaskan, jadi pendanaan  yang dikeluarkan sekitar 8 juta untuk satu musim November sampai april” ujarnya.

Mengenai Sumber dana, didapatkan  dari pencairan donasi dan juga hasil patungan kawan relawan apabila  tidak ada sumber dana yang masuk.

Dengan adanya pelepasan tukik ini Wahyudi berharap agar seluruh masyarakat mau mendukung konservasi ini, “Kita berharap untuk bersama sama   membantu bergerak demi keselamatan penyu dari kepunahan, dan juga dapat memberikan donasi untuk membantu kelangsungan progam konservasi penyu ini untuk kedepannya” tutup Wahyudi.

Kini Pantai Lampuuk tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati air laut dan indahnya pemandangan saja, namun masyarakat juga bisa menyaksikan tumbuh kembang si Bayi Penyu serta ikut membantu pelestariannya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here