Satreskrim Polres Langsa Tangkap Enam Orang Pelaku Curanmor

0
367

AtjehUpdate.com,- LANGSA, Satreskrim Polres Langsa berhasil ungkap kasus pencurian sepeda motor yang melibatkan enam tersangka.

Dari enam tersangka tersebut, empat orang diantaranya dinyatakan sebagai penadah dan satu orang masuk dalam daftar Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kapolres Langsa, AKBP Setya Yudha Prakasa, melalui Kasat Reskrim Iptu Agung Wijaya Kusuma, SiK dalam konfrensi persnya, Kamis (8/02) mengatakan, setelah dilaksanakan penyelidikan dan bekerja sama dengan masyarakat, pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap tersangka CA (25) warga Desa PB Tunong, Kecamatan, Langsa Barat pada hari Kamis (25/1/2018) sekitar pukul 17.00 WIB di Jalan Medan Banda Aceh tepatnya di Desa Sungai Leung, Kecamatan Langsa Timur.

Dijelaskannya, dari hasil pengembangan, tersangka mengakui telah menjul Sepmor hasil curiannya di Daerah Kuala Simpang, Aceh Tamiang. Kemudian anggota mengejar Barang Bukti (BB) dan tersangka penadahnya.

Dari situ berhasil menangkap penadahnya yang berinisial SF dan DB,  kemudian menangkap WP tersangka penadah Kedua serta menangkap NZ tersangka penadah terakhir.

Ia juga mengatakan, modus operandi tersangka TC (DPO) mengajak tersangka CA berjalan-jalan di seputaran Kota Langsa dengan menggunakan sepmor Honda Beat tanpa Nomor Polisi milik TC.

Sebelum beroprasi CA mengambil kunci (T) yang diletakkan di belakang rumah dan kemudian pergi berjalan ke sebuah warnet di Jalan Lila Wangsa, Gampong PB. Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, sekitar Pukul 01.30 WIB, Tersangka CA mengambil sepmor Vario warna merah dengan menggunakan kunci (T) tersebut.

“Sedangkan di TKP yang berbeda, Gang Tambak, Dusun Mulia, Desa Sungai Pauh Tanjung, CA melakukan pencurian sepmor Yamaha Mio Soul hanya sendirian saja dengan berjalan kaki.

Melihat sebuah sepmor yang sedang diparkirkan di tempat pembakaran batok kelapa, lalu Tsk mendatangginya, dari situ Tsk menghidupi sepmor itu dan langsung membawa kabur,” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya saat ini keEnam tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana pencurian sepeda Motor dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara dan Pasal 480 KUHP tentang tindak pidana pertolongan jahat dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun.

Sementara,  masih kata Kasat Reskrim, di tempat yang berbeda salah seorang tersangka yang berinisial RS (28) warga Dusun Seulanga,  Gampong Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro, menyerahkan diri kepada Geuchik Geudubang Jawa dan selanjutnya diserahkan ke Polres Langsa.

Dari tangan tersangka kita amankan barang bukti sepmor Yamaha Jupiter Z warna hitam dari hasil curiannya yang dilakukan pada tanggal 27 Januari 2018 lalu di depan teras rumah warga dan membawanya ke kebun keluarga Tsk di Desa Wono Sari, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur,” tuturnya.

Untuk proses lebih lanjut saat ini tersangka dan barang bukti di amankan di Polres Langsa gunan melengkapi berkas perkara yang akan dikirim ke pihak Jaksa penuntut umum.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here