Ternyata Tak Hanya 1 Ton, Sabu di Kapal Sunrise Glory Capai 3 Ton

0
419

AtjehUpdate.com,- BATAM, Berdasarkan hasil pengembangan, narkotika golongan I jenis sabu yang ada di dalam kapal MV Sunrise Glory ternyata mencapai 3 ton. Demikian dikatakan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman di Mako Lanal Batam, Kepri, Sabtu (10/2/2018).

Kapal berbendera Singapura tersebut diamankan sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (7/2/2018), di perairan Selat Phillip, yaitu perbatasan antara Singapura dan Batam, oleh KRI Sigurot 864 milik TNI AL yang dikomandani Mayor Laut Arizzona.

Dipastikan bahwa kapal itu memang bertugas untuk mengangkut sabu, “bahkan sabu yang ada di depan kita ini, hanya sebagiannya saja,” kata Achmad.

Kapal ikan ini untuk modus saja, seolah ingin menangkap ikan. Kalau dari siluetnya ini kapal ikan Taiwan, tapi suratnya Indonesia, bendera Singapura. Awak kapal 4 orang dari Taiwan dan tidak saling kenal, itu metode memutus jaringan.

Lanjut dia, sementara belum diketahui asal barang dan negara asal kapal tersebut. Meski begitu, jika dilihat dari empat ABK yang merupakan kewarganegaraan Taiwan yang masing-masing bernama Hsieh Lai Fu (52), Huang Chiang (48), Chencun Hang (39) dan Chen Chien (52) diduga barang dan kapal berasal dari Taiwan.

MV Sunrise Glory berlayar melalui Selat Malaka dan menuju Samudera Hindia seolah menangkap ikan kemudian melanjutkan perjalanan ke Pantai Selatan Indonesia dan akhirnya masuk wilayah Australia.

Diterangkan Taufiq, dari 3 ton sabu itu, diketahui 1,3 tonnya sudah diturunkan di Australia, dan yang berhasil kami temukan 1 ton dan 29 kg. “Kuat dugaan masih ada sekitar 600 kg lagi sabu di dalam kapal ini,”.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here