Unsyiah dan Japfa Foundation Jalin Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

0
57

AtjehUpdate.com,- Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala menggelar acara kuliah umum (Public Lecture) dalam bentuk kerjasama antara Unsyiah dengan Japfa Foundation yang sudah terjalin sejak 2016, berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Jum’at (20/4/2018).

Acara kuliah umum mengangkat tema “Feed Technologi and Nutrition For Security and Competitiveness of The Nation” dengan pemateri Boon Fei Tan dan Sugumar Chinnadurai, yang bekerja di Kemin Industries (Asia) Pte Limited.

Dalam wawancara dengan AtjehUpdate Wahono Kolopaking selaku penanggungjawab acara menyampaikan “tujuan acara ini adalah memberikan semacam pengenalan yang lebih komprehensif terkait kompetensi dan peluang-peluang terkait industri peternakan yang saat ini sedang buming di dunia.

Dalam hal ini Japfa Foundation bersama fakultas kedokteran hewan Unsyiah sudah bermitra sejak 2016 dalam program pengembangan pendidikan agrikultur khususnya pegembangan sumber daya manusia di sektor peternakan.

Kemin Industries (Asia) Pte Limited adalah sebuah industri yang fokus di bidang pengelolaan industri dan teknologi serta gizi ternak yang sudah lama berkolaborasi dengan Japfa Group untuk mengembangkan produk-produk pakan yang lebih sehat dan ekonomis.

Oleh karena itu dalam hubungan kerjasama yang paling menguntungkan ini Japfa foundation mengajak pihak Kemin Pte Limited untuk menshare atau berbagi ilmu terkait teknologi serta nutrisi pakan ternak yang disambut baik oleh pihak Unsyiah dalam hal ini oleh fakultas kedokteran hewan unsyiah yang akhirnya terwujud dalam bentuk kuliah umum dihadiri oleh sekitar 2/3 nya mahasiswa fakultas pertanian, fakultas kedokteran hewan, dan sebagian juga diwakili oleh perwakilan kantor dinas pertenakan maupun perkebunan setempat.

Sejak 2017 awal kita menginisiasi MoU untuk program pengembangan pendidikan Agrikultur di sektor sumber daya manusia yang sudah diwujudkan dalam bentuk bantuan program beasiswa khusus untuk diploma 3 kesehatan hewan di fakultas kedokteran hewan unsyiah.

Saat ini sudah ada 3 alumni dari diploma 3 kesehatan hewan dan saat ini masih menunggu 10 orang yang sedang menjalani program beasiswa di tahun terahir.

“Harapan nya tahun ini kita akan berlanjut kerjasama dengan fakultas kedokteran hewan unsyiah untuk 10 orang diploma  3  kesehatan hewan dan 10 orang sarjana kedokteran hewan dan juga sedang menjalin kerjasama dengan ketua program studi peternakan di fakultas pertanian unsyiah “ ujar Wahono.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here